Bapak/Ibu guru,
setelah menelaah ketiga video tersebut, uraikan bagaimana masing-masing guru
pada video tersebut mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk
mencapai tujuan pembelajaran?
Tabel 2.1
Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi
Video 1 |
Video 2 |
Video 3 |
Pada video 1, guru melakukan
diferensiasi konten untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Beliau memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk memilih 1 negara yang diinginkan, dan
memberikan konten belajar yang bermacam-macam, yaitu artikel, buku, serta
video. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk
memiliki bekal dan keterampilan sebelumnya sebelum benar-benar memasuki
materi yang akan diajarkan. Peserta didik pun dapat menghubungkan atau
mengkoneksi antar materi dengan lebih cepat sehingga pembelajaran di kelas
dapat menjadi jauh lebih menyenangkan daripada sebelumnya. |
Pada video 2, guru melakukan
diferensiasi proses. Diferensiasi proses dapat menjawab pertanyaan-
pertanyaan seperti; 1. Bagaimana kebutuhan murid
dapat terpenuhi? 2. Proses seperti apa yang
perlu dipersiapkan dalam kelas? 3. Apakah kegiatan
berdiferensiasi harus dilakukan secara berkelompok atau dapat secara mandiri? 4. Seberapa banyak jumlah
bantuan yang harus diberikan pada murid? Guru dapat memberikan soal yang membutuhkan
kemampuan analisis lebih tinggi pada murid yang sudah mahir, dan dapat
memberikan bimbingan secara bergiliran pada kelompok yang membutuhkan
bimbingan. |
Pada video 3, guru melakukan
diferensiasi produk. Diferensiasi produk dalam pendidikan
adalah strategi yang digunakan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar
siswa yang beragam. Guru melakukan diferensiasi produk karena beberapa
alasan:
1. Kebutuhan belajar yang
beragam 2. Meningkatkan keterlibatan
siswa 3. Mengembangkan keterampilan
yang berbeda. 4. Meningkatkan kreativitas Dengan melakukan diferensiasi produk, guru dapat
meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memenuhi kebutuhan belajar
siswa yang beragam. |
Diantara tiga
video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu paling
efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?

Untuk
memperdalam pemahaman Bapak/Ibu guru terkait prinsip pembelajaran
berdiferensiasi, pada tahap ini Bapak/Ibu guru perlu mengidentifikasi hal-hal
yang belum dipahami disertai tindak lanjutnya bersama teman sejawat/kepala
sekolah/pengawas. Silakan Bapak/Ibu guru menggunakan tabel berikut ini untuk
mengidentifikasi hal-hal tersebut.
Tabel 2.2
Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi
Komponen Diferensiasi |
Apa yang saya ketahui |
Apa yang ingin saya ketahui |
Bagaimana saya dapat
mengetahuinya |
Apa yang telah saya pelajari
|
Diferensiasi
Konten
|
Konten
yang diberikan dapat berbeda. |
Apa
perbedaan antara Diferensiasi Konten dan Proses? |
Menyimak video,
dan mencari informasi melalui sumber belajar lain. |
1. Yang dimodifikasi dalam diferensiasi konten adalah materi/ bahan
ajarnya 2. Terdapat banyak macam bentuk penyajian materi 3. Boleh dilakukannya “perbedaan perlakuan” pada peserta didik (peserta
didik dengan pemahaman yang lebih baik dapat melakukan eksplorasi lanjutan |
Diferensiasi
Proses
|
Cara
siswa belajar dapat berbeda. |
Bagaimana
saya bisa mengaplikasikan diferensiasi proses di kelas? |
Menyimak
video, membaca artikel tentang strategi pengajaran berdiferensiasi, dan
berdiskusi dengan rekan guru. |
Yang
dimodifikasi dalam diferensiasi proses adalah cara siswa memahami dan
memproses informasi. |
Diferensiasi
Produk
|
Hasil akhir
dari pembelajaran dapat bervariasi. |
Jenis-jenis
produk apa saja yang dapat digunakan dalam diferensiasi produk? |
Mengamati
contoh-contoh produk siswa dari berbagai mata pelajaran, mencari ide produk
kreatif secara online, dan berkolaborasi dengan siswa untuk menentukan opsi
produk. |
Yang
dimodifikasi dalam diferensiasi produk adalah hasil akhir atau bukti belajar
siswa. |
Sangat bermanfaat sekali, Bu Rahma. Bisa saya terapkan prinsip diferensiasi ini di kelas saya nanti. Terimakasih.
BalasHapusSangat jelas sekali penjelasan tentang Prinsip Diferensiasi. Terimakasih.
BalasHapusluarbiasa. menginspirasi
MasyAllah, terimakasih. Konsep diferensiasi jadi semakin jelas dengan contoh Modul Ajar yang Ibu tampilkan. Selama ini saya agak bingung. Terimakasih.
BalasHapusmeskipun sy guru bhs arab, tp ini sgt bermanfaat krna saya jg sama2 mengajarkan Bahasa asing 🥰 terimakasih sudah berbagi ilmu 🙏
BalasHapus